System
Identification
Sistem
Pressurization atau sistem tekanan dibagi menjadi Control system dan juga
sistem back up atau cadangan atau biasa disebut juga Safety Protection.
Cabin
Altitude
Cabin
altitude atau ketinggian cabin adalah sebuah ketinggian yang terbentuk dari
perbandingan antara Tekanan ambient dan Perbedaan tekanan. Cabin altitude
ditunjukan pada garis solid (Solid Line).
Diffrential
Pressure
Sebuah
tekanan diferensial dapat diukur antara dua titik pada sistem independen atau
antara dua titik yang berbeda pada sistem yang sama. Penggunaan
utama untuk sensor tekanan diferensial adalah untuk mengukur perbedaan dalam
cairan atau tekanan gas di seluruh pembatasan dalam pipa. Aliran kemudian dapat
ditentukan dengan mengubah pembacaan tekanan diferensial dengan persamaan
Bernoulli. Karena aliran sebanding dengan akar kuadrat dari perbedaan tekanan
dalam pipa tertutup kadang-kadang lebih suka menggunakan output sinyal berbentuk
Segiempat dari sensor tekanan diferensial untuk menyederhanakan konversi ke
pengukuran aliran.
Cara
lain untuk mengukur tekanan diferensial adalah sebagai berikut:
-Tingkat
Hidrostatik pengukuran dari isi tangki, di mana gas di bagian atas tangki tidak
di tabungkan. Perbedaan tekanan antara bagian bawah dan bagian atas diukur
untuk menentukan tekanan hidrostatik yang benar.
-Pemantauan
kebocoran dengan mengukur perbedaan tekanan antara tekanan referensi terkontrol
dan komponen yang diuji bertekanan dengan tekanan yang sama.
-Kecepatan
udara menggunakan tabung pitot yang menyediakan dua saluran udara, satu untuk
mengukur tekanan udara total menghadapi aliran udara dan lainnya untuk tekanan
statis diukur tegak lurus terhadap aliran udara(Airflow). Perbedaan antara dua
saluran memberikan tekanan kecepatan udara. Metode ini digunakan pada pesawat
untuk mengukur kecepatan udara. Dan di terowongan angin untuk mensimulasikan
kecepatan udara untuk menguji aerodinamika suatu benda seperti hukum Bernaulli.
Pressurization
Control System
Dibuat
untuk bertujuan sebagai pengontrol katup pengeluaran untuk mengontrol atau
menjaka agar tekanan di dalam cabin selalu tetap.
Pressurization
Control System terdiri dari Panel Pengontrol,
Pengontrol, Katup Keluar bagian belakang, dan Katup keluar Bagian depan.
Sistem
ini dibuat oleh Standar Hamilton CPC-22
4
mode operasi
-Auto :
Mode normal dalam aplikasi
-Standby : ditujukan untuk mode alternative
-Manual
AC : Katup keluar dikontrol oleh panel
F5
-Manual
DC : Sama dengan Manual AC
Back
up control System
Safety
relieve valve mencegah perbedaan tekanan untuk meningkat diatas 8.65PSI
dikontrol oleh pneumatic jadi sudah independent dari Sistem Pressurize
Negative
relieve valve mencegah perbedaan tekanan -1PSI
Cabin
altitude warning biasanya aktif pada saat mencapai ketinggian 10.000ft.
Auto
mode & Standby mode
-Auto
: Mode normal dalam aplikasi, Semua setting atau pengaturan dapat dibuat
sebelum taxying dan operasi sistemnya otomatis
-Standby : ditujukan untuk mode alternative
Manual
Mode selection
-Indikator
Posisi Katup Keluar Belakang
Instrumen ini menunjukkan posisi katup keluar bagian belakang pada semua mode operasi
Instrumen ini menunjukkan posisi katup keluar bagian belakang pada semua mode operasi
- Toogle
Switch
Sebuah switch 3-posisi yang Bermuatan spring ke posisi pusat (off). Gerakan switch ke kiri untuk menutup dan kekanan untuk membuaka (melalui sinyal)
Auto Mode Flight Profile
Sebuah switch 3-posisi yang Bermuatan spring ke posisi pusat (off). Gerakan switch ke kiri untuk menutup dan kekanan untuk membuaka (melalui sinyal)
Auto Mode Flight Profile
Cabin Altitude dimulai pada saat ketinggian Take-off. Saat pesawat Climbing, ambient pressure menurun: karena ketinggian bertambah, sehingga tekanan mejadi menurun.Ketinggian di dalam pesawat (Cabin Altitude) juga naik tetapi pada tingkat yang lebih rendah dari pesawat.Pressurization System menyediakan perbedaan tekanan antara kabin dan ambient.
Mode
ini bekerja pada saat initial taxi and take off , acsend , descend dan cruise
No comments:
Post a Comment