Search

Saturday, 10 January 2015

General Pressuration System (II)

   System Identification

Sistem Pressurization atau sistem tekanan dibagi menjadi Control system dan juga sistem back up atau cadangan atau biasa disebut juga Safety Protection.

   Cabin Altitude

Cabin altitude atau ketinggian cabin adalah sebuah ketinggian yang terbentuk dari perbandingan antara Tekanan ambient dan Perbedaan tekanan. Cabin altitude ditunjukan pada garis solid (Solid Line).


   Diffrential Pressure

Sebuah tekanan diferensial dapat diukur antara dua titik pada sistem independen atau antara dua titik yang berbeda pada sistem yang sama. Penggunaan utama untuk sensor tekanan diferensial adalah untuk mengukur perbedaan dalam cairan atau tekanan gas di seluruh pembatasan dalam pipa. Aliran kemudian dapat ditentukan dengan mengubah pembacaan tekanan diferensial dengan persamaan Bernoulli. Karena aliran sebanding dengan akar kuadrat dari perbedaan tekanan dalam pipa tertutup kadang-kadang lebih suka menggunakan output sinyal berbentuk Segiempat dari sensor tekanan diferensial untuk menyederhanakan konversi ke pengukuran aliran.

  Cara lain untuk mengukur tekanan diferensial adalah sebagai berikut:

-Tingkat Hidrostatik pengukuran dari isi tangki, di mana gas di bagian atas tangki tidak di tabungkan. Perbedaan tekanan antara bagian bawah dan bagian atas diukur untuk menentukan tekanan hidrostatik yang benar.
-Pemantauan kebocoran dengan mengukur perbedaan tekanan antara tekanan referensi terkontrol dan komponen yang diuji bertekanan dengan tekanan yang sama.
-Kecepatan udara menggunakan tabung pitot yang menyediakan dua saluran udara, satu untuk mengukur tekanan udara total menghadapi aliran udara dan lainnya untuk tekanan statis diukur tegak lurus terhadap aliran udara(Airflow). Perbedaan antara dua saluran memberikan tekanan kecepatan udara. Metode ini digunakan pada pesawat untuk mengukur kecepatan udara. Dan di terowongan angin untuk mensimulasikan kecepatan udara untuk menguji aerodinamika suatu benda seperti hukum Bernaulli.

   Pressurization Control System

Dibuat untuk bertujuan sebagai pengontrol katup pengeluaran untuk mengontrol atau menjaka agar tekanan di dalam cabin selalu tetap.
Pressurization Control System terdiri dari Panel Pengontrol,  Pengontrol, Katup Keluar bagian belakang, dan Katup keluar Bagian depan.
Sistem ini dibuat oleh Standar Hamilton CPC-22
4 mode operasi

-Auto              : Mode normal dalam aplikasi
-Standby          : ditujukan untuk mode alternative
-Manual AC     : Katup keluar dikontrol oleh panel F5
-Manual DC     : Sama dengan Manual AC

   Back up control System

Safety relieve valve mencegah perbedaan tekanan untuk meningkat diatas 8.65PSI dikontrol oleh pneumatic jadi sudah independent dari Sistem Pressurize
Negative relieve valve mencegah perbedaan tekanan -1PSI
Cabin altitude warning biasanya aktif pada saat mencapai ketinggian 10.000ft.

   Auto mode & Standby mode

-Auto               : Mode normal dalam aplikasi, Semua setting atau pengaturan dapat dibuat sebelum taxying dan operasi sistemnya otomatis
-Standby          : ditujukan untuk mode alternative

   Manual Mode selection

-Indikator Posisi Katup Keluar Belakang
Instrumen ini menunjukkan posisi katup keluar bagian belakang pada semua mode operasi
- Toogle Switch
Sebuah switch 3-posisi yang Bermuatan spring ke posisi pusat (off). Gerakan switch ke kiri untuk menutup dan kekanan untuk membuaka (melalui sinyal)

   Auto Mode Flight Profile

Cabin Altitude dimulai pada saat ketinggian Take-off. Saat pesawat Climbing, ambient pressure menurun: karena ketinggian bertambah, sehingga tekanan mejadi menurun.Ketinggian di dalam pesawat (Cabin Altitude) juga naik tetapi pada tingkat yang lebih rendah dari pesawat.Pressurization System menyediakan perbedaan tekanan antara kabin dan ambient.
Mode ini bekerja pada saat initial taxi and take off , acsend , descend dan cruise

No comments:

Post a Comment